Peran Pendidikan Politik Terhadap Perilaku Politik Lembaga Perwakilan

Pendidikan merupakan salah satu tolak ukur suatu bangsa dinilai sebagai suatu negara sejahtera. Bukan hanya pendidikan akademik saja yang diutamakan tetapi pendidikan karakter juga diperlukan, bahkan sekarang pendidikan karakter merupakan suatu urgensi bagi bangsa Indonesia. Pendidikan karakter sangat dibutuhkan karena ciri dari bangsa Indonesia yaitu memiliki warga negara yang berkarakter sesuai dengan Pancasila. Karakter harus dibangun dengan pendidikan yang berkelanjutan. Pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah menekankan pada aspek kejujuran, kerja keras, menghargai perbedaan, dan kerjasama.

Pendidikan dan politik merupakan dua hal yang berbeda, namun memiliki tujuan utama yang saling mendukung. Kedua hal tersebut saling berkaitan dalam pembentukan karakter individu. Karena keduanya sarat dengan proses pendistribusian nilai-nilai dalam masyarakat maka tidaklah sulit memahami bahwa pendidikan dan politik dua perangkat aktivitas yang akan terus saling terkait dan berinteraksi. Pendidikan politik berpotensi untuk membentuk karakter, watak, dan tanggung jawab warga negara yang demokratis sehingga dapat mencapai peradaban bangsa yang lebih maju. Pendidikan politik sangat perlu diselenggarakan, karena dalam kehidupan bernegara warga negara bisa menjadi partisipan yang bertanggung jawab sehingga bisa memahami proses penggunaan kekuasaan dalam menegakkan aturan dalam masyarakat dan masyarakat secara umum dapat menggunakan hak politiknya.

Pendidikan politik menjadi sarana membentuk karakter kepemimpinan pada generasi muda. Pendidikan politik ditujukan sebagai sarana menciptakan generasi muda yang mampu memerankan posisi politisnya dan mampu menjadi seorang pemimpin yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Hal ini ditujukan untuk membentuk generasi muda yang mampu menjadi pemimpin demi terciptanya perilaku politik yang baik. Pendidikan politik bukan hanya untuk generasi muda saja, tetapi bagi para pejabat negara juga sangat dibutuhkan karena saat ini banyak pejabat negara yang menjalankan tugas tidak sesuai dengan Pancasila. Dalam hal ini yang berperan penting untuk melakukan penyampaian pendidikan politik adalah partai politik. Partai politik dianggap sebagai lembaga yang memiliki pengaruh besar terhadap sosialisasi pendidikan politik yang akan berdampak pada partisipasi dan perilaku politik anggota politik maupun masyarakat luas.

Indonesia merupakan negara demokrasi. Perkembangan demokrasi yang terjadi di Indonesia merupakan suatu hal yang selalu menjadi perhatian dalam proses perpolitikan yang terjadi di Indonesia. Disisi lain, politik adalah sub sistem dari sistem yang lebih besar yakni sistem negara. Dalam kedudukan ini, bersama-sama dengan sub sistem ekonomi, sub sistem hukum, sub sistem sosial dan sebagainya, sub sistem politik membentuk suatu sistem bernegara.

Kekuasaan eksekutif dalam suatu negara merupakan kekuasaan dimana dijalankannya segala kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan badan legistalif dan menyelenggarakan undang-undang yang telah diciptakan oleh badan legistatif. Akan tetapi, dalam perkembangannya pada masa modern sekarang kekuasaan badan eksekutif jadi lebih luas karena kekuasaannya dapat pula mengajukan rancangan undang-undang pada lembaga legislatif.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *